31/05/2013

Puisi Lama dan Penjelasannya

Posted by nazar zawix at 5/31/2013 09:59:00 am


Puisi lama adalah warisan budaya yang tidak boleh dilupakan, sedangkan puisi baru itu sangat berbeda dengan puisi lama, puisi baru hampir tidak ada keterikatan irama, maupun rima, dalam puisi lama ikatan tersebut masih terasa, juga selalu terkandung pesan moral juga nasihat. Dibawah ini adalah Contoh Puisi lama sekaligus penjelasanya:
  • 1. Gurindam
    Gurindam adalah satu bentuk puisi melayu lama yang terdiri atas dua baris kalimat dengan irama akhir yang sama, yang merupakan satu kesatuan yang utuh. Baris pertama berisikan semacam soal, masalah atau perjanjian dan baris kedua berisikan jawaban atau akibat dari masalah pada baris pertama tadi.
  • 2. Karmina
    Karmina atau dikenal dengan nama pantun kilat adalah pantun yang terdiri atas dua baris. Baris pertama adalah sampiran dan baris kedua isi. Pola persajakan karmina adalah (a - a). Biasanya digunakan untuk menyampaikan sindiran ataupun ungkapan secara langsung.
  • 3. Pantun
    Pantun adalah puisi yang terdiri atas 4 baris bersajak ab-ab atau aa-aa. Dua baris pertama merupakan sampiran, dua baris terakhir merupakan isi (tujuan dari pantun tersebut)
  • 4. Seloka
    Seloka adalah bentuk puisi Melayu Klasik, berisi pepatah atau perumpamaan yang mengandung senda gurau, sindiran bahkan ejekan. Biasanya ditulis empat baris, bahkan terkadang ada juga yang lebih dari empat baris, seloka ditulis dalam bentuk pantun atau syair.
  • 5. Syair
    Syair adalah puisi atau karangan dalam bentuk terikat yang mementingkan irama sajak. Biasanya terdiri atas empat baris, berirama aa-aa, keempat baris tersebut mengandung arti atau maksud penyair.
  • 6. Talibun
    Talibun adalah jenis puisi lama seperti pantun karena mempunyai sampiran dan isi, tetapi lebih dari empat baris (mulai 6 sampai 20 baris). Berirama abc-abc, abcd-abcd, atau abcde-abcde.


Demikianlah penjelasan saya mengenai Puisi Lama, semoga dengan adanya artikel ini dapat menambah wawasan anda.

0 comments:

Post a Comment

Silahkan Berkomentar, caci maki ataupun hujatan akan saya tampilkan di blog awur-awuran ini,,, tapi ingat harus sopan dan punya etika dalam berkomentar.

 

Copyright © 2011 x-ray comunity | Design by Kenga Ads-template